Tuesday, June 12, 2018

Dalam hidup ini tidak ada yang sempurna. Dunia selalu ada kekurangan. Mengapa? Supaya kita saling mengisi. Maka rajutlah kehidupan sosial supaya kita mudah menuju Kesempurnaan. Ketika menggoreng ikan di dapur, saya terdiam dalam kefanaan, larut dalam ketiadaan nilai, ketika menyadari betapa saya teramat kecil dan tidak berharga dalam samudera karya manusia. Semua peralatan dapur yang saya miliki adalah cipta karya orang lain; ikan yang saya goreng adalah hasil tangkapan orang lain; minyak untuk menggoreng juga hasil dari kebun sawit orang lain. Jadi, saya ini mau apa, jika ribuan dan bahkan jutaan manusia lain tidak ada? Di zaman modern, ketergantungan kita kepada orang lain semakin terasa. Maka hargailah orang lain, apa pun profesinya, sejauh yang ia lakukan bukan sebuah pelanggaran hukum atau norma. Tukang sampah pun, profesinya tidak boleh dianggap sampah.

No comments:

Post a Comment